Contact Kami : Whatsapp 081 999 405 769 (fast respond)

Infographic: Tips Sebelum Berinvestasi Di Properti

By in Artikel with 0 Comments

Kali ini kami menyajikan Infografis Tips dan langkah sebelum berinvestasi properti. Harapan kami adalah mudah-mudahan tips berikut dapat berguna bagi anda.

tips-dan-langkah-investasi-properti(1)

(klik untuk memperbesar)

[box type=”info”] Anda ingin MENJUAL properti atau ingin MENCARI Properti baik Rumah, Villa, Tanah dll di Bali? [button link=”http://thebaliestate.com/kontak-kami” color=”orange”] Hubungi Kami[/button] [/box]

Teks:

Properti masih menjadi favorit orang Indonesia di antara semua instrumen investasi. Berdasarkan Survei yang dikutip dari Kontan Edisi Khusus September 2015, Risiko yang bisa lebih ditekan dan diperhitungkan, jadi alasan kecenderungan kenapa properti masih menjadi favorit.

Di antara beberapa alasan orang Indonesia suka berinvestasi dalam bentuk properti adalah harganya yang cenderung naik. Saat ekonomi melemah seperti sekarang, penjualan properti turut melambat tetapi harganya tetap saja tumbuh

Investasi ini menjadi favorit karena di properti investor bisa memperoleh dua sumber pendapatan, yaitu dari penjualan dan uang sewa. Keuntungan penjualan—biasa disebut dengan capital gain—didapat dari selisih harga beli dan jual. Pendapatan dari sewa bervariasi, bisa harian, bulanan dan tahunan tergantung jenis propertinya.

JENIS PROPERTI YANG UMUM
UNTUK INVESTASI :
residensial : tanah, Rumah, Apartemen
Komersial : Perkantoran, ruko, condotel

LANGKAH SEBELUM MULAI BERINVESTASI

TUJUAN / GOALS
Pertama tentukan dulu tujuan investasi anda. Apakah dijual kembali, disewakan, dijual dalam jangka pendek atau dalam jangka panjang.
Pendekatan untuk properti yang akan dijual dalam jangka pendek (2-5 tahun ) dan jangka pendek (diatas 10 tahun) sangat berbeda. Maka, dari awal penentuan tujuan ini sangat penting bagi anda

RENCANA
KEUANGAN

Tentukan Rencana Keuangan anda. Misalnya jika menggunakan KPR berapa cicilannya, berapa down payment yang anda miliki, dan persiapkan biaya-biaya lainnya seperti pajak, asuransi, notaris dll. Perhitungkan juga proyeksi potensi penghasilannya per tahun jika akan disewakan, berapa nilainya jika dijual kembali dst

LOKASI

Pemilihan lokasi ini berbeda untuk setiap orang tergantung tujuan investasinya. Namun yang pasti jika anda membeli properti karena investasi, lokasi haruslah layak dan strategis jika anda ingin menyewakannya atau menjualnya di masa yang akan datang. Anda harus memperhitungkan fasilitas umum terdekat dan pusat keramaian, berapa jarak ke jalan utama dst

INFORMASI

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai properti-properti yang anda minati dan ketahui harga pasaran di lokasi yang anda tuju untuk mendapatkan properti yang kondisinya baik namun dijual di bawah harga pasar.
Jangan sampai anda bertujuan membeli properti untuk dijual kembali 1-2 tahun kedepan dan ternyata anda membeli diatas harga pasaran!

KONDISI
PROPERTI

Jangan lupa cek kondisi bangunan apakah masih layak pakai, apakah perlu direnovasi atau perbaikan-perbaikan (biasanya untuk rumah dan apartemen).
Jika anda membeli properti yang sudah tidak layak pakai, biasanya harga sewa atau harga jual kembalinya bisa sangat murah atau anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk merenovasi rumah tersebut sebelum ditawarkan.

DEMIKIAN INFOGRAFIS INI, MUDAH-MUDAHAN BERMANFAAT DAN MENAMBAH WAWASAN ANDA
SEBELUM BERINVESTASI PROPERTI 🙂

 

[box type=”info”] Anda ingin MENJUAL properti atau ingin MENCARI Properti baik Rumah, Villa, Tanah dll di Bali? [button link=”http://thebaliestate.com/kontak-kami” color=”orange”] Hubungi Kami[/button] [/box]

Share This
About The Author
Dayu Putri

Team Leader dan owner TheBaliEstate.com. Besar harapan kami dapat membantu anda dalam berinvestasi atau membeli properti pilihan di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *